Senin, 13 April 2015

Buah Melon,si Bulat Hijau bikin Melongo!!!

Buah Melon,si Bulat Hijau bikin Melongo!!!

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh…
Hallo para Fruits Lovers, gimana kabar ente pade sehat semue ye??? Alhamdulillah
Melon
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Cucurbitales
Famili:
Cucurbitaceae
Genus:
Cucumis
Spesies:
C. melo
Nama binomial
Cucumis melo
L.
 kalau pada sehat semua. Kali ini gue bakalan kasih info menarik tentang buah melon. Buah melon ini bukan yang si melon yang ada di tv ntu ye??? itu namanya gas melon eee.. bukan gas melon tapi gas LPG ukuran 12kg,  Jadi dibedain ya. Buah melon ini termasuk buah yang kaya air jadi bisa dikonsumsi pada waktu siang hari yang cuaca sangat panas untuk menghilangkan rasa haus sehingga mampu mensuplai air yang keluar dari tubuh jadi kita bisa terhindar dari dehidrasi. Dari segala jenis buah melon yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia yaitu buah melon yang warnanya hijau. Buah ini rasanya manis (ya jelas lah!!!), dan jika buah ini masih fresh baru dipetik dari pohonnya jika langsung dikonsumsi itu rasanya kress enak banget seperti crispy. Buah melon ini bisa dikonsumsi langsung atau bisa dibuat jus atau juga bisa dicampur dalam es buah pasti rasanya seger banget tuh. Buah ini mungkin kalah terkenal daripada buah semangka karena buah melon sedikit lebih mahal dari buah semangka tetapi buah melon ini jelas memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup untuk kebutuhan manusia. Daripada gue jelasin panjang lebar, mari langsung saja kita cekidot menyimak ulasan buah melon dibawah ini. 

Buah Melon memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh, tidak hanya untuk melepaskan dahaga tetapi buah melon juga sangatlah berarti bagi kesehatan tubuh anda. Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya. Buah Melon memiliki nama latin Cucumis Melo dan termasuk ke dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah Melon masih memiliki kaitan dengan Buah Semangka dan Blewah.
Pemerian
Tumbuhan semusim, merambat tetapi menjalar, tidak memanjat. Daun berbentuk menjari dengan lekuk moderat sehingga seperti lingkaran bersudut. Batangnya biasanya tidak berkayu.
Tumbuhan ini berumah satu dengan bunga dua tipe: bunga jantan dan hermafrodit. Bunga jantan muncul biasanya pada saat tanaman masih muda atau bila tumbuhnya kurang baik.
Buah bertipe pepo. Bagian mesokarp menebal menjadi daging buah yang berair. pemuliaan diarahkan pada daging buah yang tebal, manis, serta jika mungkin, harum.
Keragaman genetik
Melon amat beragam, terutama dilihat dari bentuk buahnya. Terdapat dua subspesies dan sepuluh  kelompok kultivar ('cultivar group') dalam spesies ini:


Subspesies melo
1.     Muskmelon (Reticulatus)
2.    Cantaloupe (Cantalupensis)
3.    Casaba (Inodorus)
4.    Pocketmelon (Dudaim)
5.    Snakemelon (Flexuosus)
6.   Chate (Adzhur)
7.    Tibish
Subspesies agrestis
1.     Snapmelon (Momordica, Adiculus)
2.    Oriental pickling (Conomon)
3.    Makuwa


Tiga yang paling populer adalah Cantalupensis (di dalamnya termasuk blewah, true European cantaloupe), Reticulatus (melon yang biasa dikenal, kulit buahnya biasanya "berjala"), dan Inodorus (melon 'Honeydew', yang bentuknya oval dengan kulit berkerut). Terdapat satu kelompok lain yang buahnya juga dimakan, Dudaim.
Menurut beberapa sumber yang say abaca ada sekitar 4 jenis buah melon yang popular di Indonesia. Empat jenis buah melon itu adalah:
1. Melon hijau
Melon hijau yang biasa disebut melon local. Melon hijau memiliki ciri-ciri fisik, memiliki kulit luar yang keras, kasar, dan berurat seperti jala. Buah dagingnya berwarna hijau pucat dan aromanya harum.





2. Melon jingga ( Cantaloupe)
Melon jingga memiliki ciri-ciri fisik hampir sama dengan melon hijau yaitu memiliki kulit yang keras, tebal dan berurat seperti jala. Bedanya dengan melon hijau hanya pada warna kulitnya. Melon jingga memiliki warna kulit yang lebih hijau dibandung dengan melon lokal dan warna daging buahnya berwarna jingga. Selain itu melon jingga mengandung betakaroten yang lebih banayak dibandingkan dengan jenis melon yang lain.
3. Melon Mas ( Golden Melon )

Melon jenis ini mempunyai cirri-ciri yang sangat berbeda dengan kedua melon yang telah disebutkan di atas. Jenis melon mas ini mempunyai cirri-ciri kulitnya berwarna kuning muda dan bertekstur halus dan juga mengkilat. Daging buahnya berwarna putih dengan rasa yang manis tetapi tidak beraroma harum.

4. Melon Madu (Honeydew Melon)

Dari semua jenis melon, melon madulah yang memiliki rasa yang paling manis. Melon ini memiliki cirri fisik yaitu kulit luar berwarna hijau keputihan dengan tekstur halus dan mengkilat. Melon Madu juga memeliki daging buah berwarna hijau pucat seperti melon hijau.





Horn Melon , Unik buah ini dipercaya sebagai nenek moyang dari buah melon.

Hewan bertanduk, kijang namanya. Tapi kalau buah bertanduk? Terdengar aneh mungkin, tapi tidak dengan Horned melon atau melon bertanduk. Buah bewarna kuning ini juga memiliki nama populer lainnya seperti jelly melon, mentimun bertanduk Afrika, English tomato, melano dan kiwano.
Buah dengan nama ilmiah Cucumis metuliferus ini juga dikenal sebagai nenek moyang dari buah melon. Secara kasat mata, bentuk fisiknya hampir menyerupai melon dengan bentuk oval. Bedanya hanya terletak pada bagian lapisan permukaan kulit. Hampir seluruh permukaan kulit dipenuhi oleh tanduk-tanduk kecil.
Tak heran jika di beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan nama jelly atau mentimun. Karena saat dipotong, Anda akan menemukan warna hijau jelly yang lebut dengan biji-biji kecil di seluruh permukaannya. Penampilan biji keluarga Cucurbitaceae ini menyerupai biji mentimun.
Meski berasal dari Afrika, buah ini hanya dibudidayakan di Selandia baru. Biasanya buah bertanduk ini digunakan sebagai campuran salad. Tetapi,  jika Anda pecinta rasa asam manis, Anda dapat menikmatinya dalam bentuk segar.
Untuk menikmati rasa lezatnya tidak teralu sulit. Anda cukup memotong melintang pada bagian kulitnya, kemudian mensruput bagian dalamnya yang bertekstur mirip jelly. Atau Anda juga dapat menikmatinya dengan sendok makan, sambil bersantai di siang hari, yummy!

Manfaat Buah Melon
Manfaat buah melon memang sangat banyak sekali terutama untuk kesehatan dan untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya dan untuk hidup sehat. Salah satu manfaat melon yang paling fenomenal adalah untuk mencegah kanker dan mencegah terjadinya serangan jantung. Dua penyakit paling ganas di dunia yang dapat ditangani dengan kandungan gizi buah melon. Manfaat buah melon memang masih banyak belum diketahui oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa dengan memakan buah melon ini maka kita telah selangkah untuk menempuh hidup sehat yang seutuhnya.
Berikut adalah berbagai manfaat melon untuk kesehatan tubuh dan untuk menghindari berbagai penyakit yang ada di tubuh kita.
1.     Mencegah Serangan Jantung
Selain efektif untuk mencegah beberapa penyakit paling berbahaya, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu mencegah dan menghentikan penggumpalan peredaran sel darah yang dapat berakibat serangan jantung dan bahkan penyakit stroke.
2.    Mencegah Penyakit Kanker
Ada banyak buah-buahan dan herbal yang mampu mencegah penyakit kanker, salah satunya buah melon. Bagaimana buah melon dapat membasmi dan mencegah kanker ? jawabannya adalah pada kandungan KAROTENOID. Perlu diketahui, Karotenoid adalah pigmen yang berfungsi sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, khususnya gejala kanker paru-paru dan gejala kanker payudara. Buah melon juga termasuk buah-buahan yang memiliki kandungan likopen yang tinggi. Likopen pada buah melon inilah yang akan membantu menangkal penyakit kanker yang bisa membahayakan jiwa anda.
3.    Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat Buah melon juga dapat menyehatkan mata, buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan memperbaiki meningkatkan fungsi mata.
4.    Membasmi Radikal Bebas
Buah melon juga sangat kaya kandungan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas. Kemampuan ini dapat membantu dalam hal perlindungan terhadap usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan kanker pankreas. Namun tidak hanya untuk penyakit berbahaya manfaat antioksidan ini juga baik untuk bagian tubuh lainnya.
5.    Mencegah Penyakit Stroke
100 g buah melon mengandung 267 mg elektrolit, kalium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Hal ini akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya stroke dan tentu penyakit jantung.
6.   Meredakan Mulas
Mulas terkadang berasal dari makanan yang kita konsumsi, melon memiliki kadar air hingga 90% memberikan efek menenangkan. Oleh karena itu, melon sangat bermanfaat untuk meredakan sakit maag dan mulas.
7.    Membantu Memperlancar Organ Pencernaan.
Kandungan air dan serat yang cukup tinggi di dalam buah melon akan menyehatkan organ pencernaan serta akan menghindarkan dari sembelit atau gejala buang air besar yang sulit.
8.    Menyehatkan Kulit
Buah melon mengandung kolagen, zat ini merupakan senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan kulit. Kolagen juga memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit. Sering makan melon akan membuat kulit tampak halus dan tidak kering.
9.   Menurunkan Berat Badan
Melon merupakan salah satu jenis buah yang sangat cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan karena mereka memiliki kandungan sodium yang rendah, bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah kalori. Selain itu efek makan melon akan membuat anda kenyang dan menunda/mengurangi lapar karena kandungan airnya sangat tinggi.
Tips memanfaatkan melon untuk diet :
·         Sediakan melon secara rutin di rumah
·         Ganti cemilan malam hari dengan konsumsi melon
·     Konsumsi satu-dua potong melon sebelum makan (agar anda tidak makan terlalu banyak)
10.  Menyediakan nutrisi yang dibutuhkah oleh tulang dan gigi Anda.
Ini dikarenakan, buah melon merupakan salah satu buah dengan sumber vitamin C yang cukup besar. Vitamin C inilah yang turut membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Kandungan Gizi Buah Melon

Nutrisi
Kandungan
%RDA
Energi
34 Kcal
1.5%
Karbohidrat
8.6 g
6.5%
Protein
0.84 g
1.5%
Lemak
0.19 g
<1%
Kolesterol
0 mg
0%
Serat
0.9 g
2.25%
Dalam 100 mg daging Buah Melon mengandung :


* Vitamin A 5.706 IU
* Vitamin C 74.5 mg
* Potassium 546.9 mg
* Protein 0.5 gr
* Lemak 1.55 gr
* Karbohidrat  14.8 gr
* Lycopene
* Beta Karoten



Cara memilih buah melon yang baik:
1.    Pilih melon yang sudah matang, bentuknya bundar, kulitnya bebas dari memar dan retak, beraroma harum dan segar. Jangan memilih melon yang masih ada tangkai buahnya, karena tangkai melon akan terlepas dengan sendirinya jika buah sudah matang. Jika bekas ujung tangkai melon kelihatan dipotong paksa, berarti buah tersebut dipanen sebelum matang.
2.  Untuk memperoleh manfaat maksimal antioksidan, pilih melon yang benar-benar matang, karena buah yang matang sempurna mengalami peningkatan kadar antioksidannya.
3.  Melon tidak akan menjadi lebih manis setelah dipetik dan disimpan, meskipun teksturnya lembut. Justru kandungan gulanya berkurang.
4.  Melon utuh bisa disimpan selama 2-4 hari di udara terbuka, dan 5-10 hari jika disimpan didalam kulkas. Tetapi, jika sudah dipotong disimpan selama 2-3 hari didalam wadah tertutup di kulkas, dan bisa lebih tahan lama jika dibekukan.
5.  Melon yang sudah dibelah 2 dan disimpan dikulkas sebaiknya jangan dibuang bijinya karena dapat mengeringkan daging buah melon dikulkas.
6.  Cuci melon dengan air hangat dan bersabun sebelum dipotong untuk menghilangkan kotoran yang menempel dipermukaan kulit yang bisa terbawa pisau saat memotong melon.
7.  Jika suka, melon dapat ditambah dengan perasan air jeruk nipis/lemon untuk meningkatkan rasa dan aroma buah.

Tips Penyajian Buah Melon

Buah melon dapat anda sajikan dalam berbagai bentuk seperti di bawah ini :
  • Dapat dimakan langsung setelah di iris
  • Dibuat es buah dengan kombinasi gula dan sirup
  • Dapat di jus
  • Dan dapat disajikan sebagai penutup makanan
Piye, gumun ra we??? Buah melon iki yo gak kalah tho, karo buah buah liyane sing regane larang. Ternyata buah melon ini selain segar, enak, dan murah tetapi juga memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa banyaknya. Buah ini ternyata juga bisa dikembangkan sendiri tetapi memang cukup riskan/resiko yang tinggi dalam pemeliharaannya karena harus intensif dan teliti. Mari perbanyak makan buah karena selain alami juga membuat badan kita bugar. Gue kalau udah makan buah ini jadinya pengen nambah terus tapi menurut ibuk gue jalau makan buah itu jangan kebanyakan karena setiap yang berlebihan itu juga akan membawa keburukan. So, para Fruits Lovers jangan makan makanan terlalu banyak ya, hanya sekedar cukup dan berhentilah makan sebelum kamu kenyang. Ok, keep calm and be ENJOY. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa berkunjung kesini yang sering ya!  

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh




 









0 komentar:

Posting Komentar